Home » » Mengenal jaringan Lan

Mengenal jaringan Lan

Written By Unknown on Kamis, 17 April 2014 | 08.59

Jaringan komputer LAN (Local Area Network) merupakan salah satu jenis jaringan komputer. Jaringan komputer sendiri dapat dibedakan menjadi lima jenis, yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), internet, dan jaringan tanpa kabel.
Jaringan LAN adalah jaringan yang daya jangkaunya terbatas pada area yang relatif kecil. Daya jangkau jaringan ini umumnya hanya sekitar 1 kilometer persegi. Jaringan LAN umumnya digunakan untuk pribadi, perkantoran, sekolah, kampus, pabrik, dan usaha-usaha (warnet, game online.

Jaringan ini umumnya digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer sehingga antarkomputer dapat dijadikan media untuk saling bertukar informasi dan dapat menggunakan berbagai sumbe dayar (scanner, printer, data) daya secara bersama-sama.

LAN tradisional dan LAN modern memiliki perbedaan pada tingkat kecepatan oprasinya. Pada LAN tradisional, tingkat kecepatan operasinya mulai 10 hingga 100 Mbps (mega bit/detik). Sementara itu, LAN modern mampu beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, mencapai ratusan Mbps.
Untuk menghubungkan antarkomputer, kebanyal LAN menggunakan media kabel. Jika jumlah komputer yang akan dihubungkan hanya dua buah, media untuk mengoneksikannya cukup dengan satu buah kabel UTP yang di kedua ujungnya dipasang konektor. Konektor ini dapat dibuat sendiri atau membeli jadi di toko komputer, sekaligus meminta bantuan untuk dipasangkan. Panjang kabel ini tentu harus menyesuaikan dengan jarak lokasi komputer satu dengan komputer lainnya.

Sementara itu, jika komputer yang akan dihubungkan lebih dari dua, selain kabel, untuk mengoneksikannya juga diibutuhkan suatu alat. Nama alat tersebut adalah Switch atau Hub. Agar antarkompoter yang telah dikoneksikan dapat saling berkomunikasi, masing-masing komputer harus diberi alamat IP (IP adress). Untuk memastikan bahwa pengoknesian jaringan komputer LAN ini berhasil, tentu harus dilakukan pengecekan pada seluruh komputer, satu demi satu.

Jaringan komputer LAN memiliki sejumlah manfaat, antara lain sebagai media pertukaran file, penggunaan printer atau scanner dari semua komputer dalam jaringan, berbagi koneksi internet dari satu sumber, serta komunikasi antar pengguna komputer dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
Bagikan Artikel Ini :

Posting Komentar

 
Support : Calvin Tarrapa | Karya Anak Mamasa | Komunitas Blogger Mamasa
Copyright © 2011. Teknologi Dan Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Calvin Tarrapa
Proudly powered by Blogger